Rabu, 17 Mei 2017

Dampak Pergaulan Bebas

DampakPergaulanBebas

            Salah saturusaknyabudipekerti, sikap, danperlakuanremajasaatiniadalahpergaulanbebas.Kegiatanberinteraksidanbersosialisasi yang buruk yang terjadipadaremajainimasihkurangmendapatrespondari orang tuamaupunparapendidik.Di dalam era modern sekarangbanyakpengaruh-pengaruh yang tidakbaik yang dampaknyalebihkuatterhadapremaja, yaitupengaruhbudayaluar yang sangatjauhdarisopan, santun, beretkadanbudayatimur.
            Hampirseluruhremaja di Indonesia sekarangtelahmasukdalamduniapergaulanbebas.Banyakdiantaranya yang justrumengikutitemanmaiupunidolamereka.Karenamengikuti mode/perkembanganzamanremajasekrangsering kali lupaakanpengaruhataudampakburukbagididirnya. Sehinggamerekalebihwaspadapadadampak yang langsungbisa di rasakanolehdirinyaketimbangdampak yang berpengaruhpadadirinya di masadepan.
            Saatinipergaulan di lingkunganhiduppararemajatelahbanyakberubah.Di tahun 2000-2004 pararemaja Indonesia masihmemilikibanyakaktivitasuntukbermain-main ataukegiatan positive yang merekalakukan di waktusenggang.
            Laluapa yang di maksuddenganpergaulanbebeas? Pergaulanadalah proses interaksi yang dilakukanolehindividudenganindividu, dapatjugaindividudengankelompok. Sedangkanpergaulanbebasadalahsalahsatubentukperilakumenyimpang yang mana ‘bebas’ yang dimaksudadalahmelewatibatas-batasnamaketimuran yang ada.Masalahpergaulanbebasiniseringkitadengarbaik di lingkunganmaupun di media masa.Remajaadalahindividulabil yang emosinyarentantidakterkontrololehpengendaliandiri yang benar.Merekasedangmencaripolahidup yang paling sesuaibaginyadanini pun seringdilakukanmelaluimetodecoba-cobawalaupunmelaluibanyakkesalahan.
Ø Faktor-faktor pengaruh pergaulan bebas:
à        Sikap mental yang tidaksehat
Sikap mental yang tidaksehatmenyebabkanbanyaknyaremajamerasabanggaterhadappergaulan yang sebenarnyamerupakanpergaulan yang tidaksepantasnya, tetapimerekatidakmemahamikarenadayapemahaman yang lemah.Dimanaketidaksatabilanemosi yang dipacudenganpenganiayaanemosisepertipembentukanpribadian yang tidaksewajarnya di karenakantindakankeluargaataupunorangtua yang menolak, acuhtakacuh, menghukum, mengolok-olok, memaksakankehendak, danmengajarakan yang salahtanpa di bekalidasarkeimanan yang kuatbagianak, yang nantinyaakanmembuatmerasatidaknyamandenganhidup yang merekabiasajalanisehinggapelariandarihaltersebutadalahhalberdampak negative, contohnyadenganadanyapergaulanbebas.

à        Pelampiasan rasa kecewa
Yaituketikaseorangremajamengalamitekanan di karenakankekecewaannyaterhadap orang tua yang bersifatotoriterataupunterlalumembebaskan, sekolah yang memberikantekananterusmenerus (baikdarisegiprestasiuntukremaja yang seringgagalmaupundikarenakanperaturan yang terlalumengikat), lingkunganmasyarakat yang memberikanmasalahdalamsosialisasi, sehinggamenjadikanremajasangatlabildalammengaturemosi, danmudahterpengaruholehhal-hal negative di sekelilingnya, terutamapergaulanbebasdikarenakan rasa tidaknyamandalamlingkunganhidupnya.

à        Kegagalanremajamenyerapnama
Hal inidisebabkankarenanorma-normayangadasudahtergeserolehmodernisasi yang sebenarnyaadalahwestersisai.

Ø Dampak pergaulan bebas terhadap kehidupan masa depan:
à        Akan menjadi orang yang agresif/pemarah
Salah satu yang berdampakpadadirinyaadalahdiaakanmenjadi orang yang emosional,seringmarah-marah. Biasanyaakanterjadipadasaatsi remaja
à        Menjadianak yang membantah orang tua
à        Menjadianak yang malasbelajar
à        Menjadianak yang suka bolos
à        Akan menjadigenerasi yang sia-sia

Ø Cara menngatasi pengaruh buruk pergaulan bebas:
à        Meningkatkan iman dan taqwa kepada tuhan yang mahaesa agar dapat membentengi kita dari pengaruh buruk pergaulan bebas
à        Mencarikegiatan yang positive sesuainiatdanbakatkita
à        Pandaimemilihteman yang berperilakubaik, pintar di sekolahdanrajinberibadah.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar